KODE IKLAN DFP 1 Download Panduan Evaluasi K13 Smp/Mts | kumpulan ilmu dan pengetahuan penting

Download Panduan Evaluasi K13 Smp/Mts

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Dalam pelaksanaan monev atau hasil dari monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 mengatakan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu melakukan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik yaitu merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melakukan penilaian perilaku dengan memakai banyak sekali macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Dalam pelaksanaan monev atau hasil dari monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum  DOWNLOAD PANDUAN PENILAIAN K13 SMP/MTs
DOWNLOAD PANDUAN PENILAIAN K13 SMP/MTs
Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam berbagi butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir-butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.


Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan penerima didik. Permasalahan lain yang sering muncul yaitu penetapan KKM dan penerapannya secara teknis pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.


Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, dirasa perlu untuk menyusun kembali sebuah Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SMP. Oleh alasannya yaitu itu maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berafiliasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk SMP (SMP) dan kesudahannya pada bulan mei 2017 kemudian panduan ini telah diterbitkan.
Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut :
  • Merencanakan, berbagi instrumen, dan melakukan penilaian hasil belajar;
  • Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian;
  • Menerapkan aktivitas remedial bagi penerima didik yang belum mencapai KKM, dan aktivitas pengayaan bagi penerima didik yang telah mencapai KKM; dan
  • Melaksanakan supervisi penilaian.
Panduan penilaian ini diperlukan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan pada jenjang SMP/MTs dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan. Adapaun panduan penilaian untuk jenjang SD/MI dan SMA/MA silahkan download pada tautan dibawah ini :
Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melakukan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta menciptakan laporan pencapaian kompetensi penerima didik.
Silahkan Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs, Semoga Bermanfaat.
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2